Pages

Makanan Terbaik untuk Pemulihan Ototmu!

Pemulihan Otot

Makanan Terbaik untuk Percepat Pemulihan Otot Anda

Adalah wajar jika setelah latihan Anda mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh Anda. Sekarang, bagaimana cara PERCEPAT pemulihan otot?
Latihan adalah kunci utama untuk pembentukan otot. Karena itu, dengan latihan yang keras maka perkembangan otot tubuh Anda akan lebih maksimal.
Jangan lupa, latihan yang keras juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, bila perlu tambahkan suplemen untuk mendukung program Anda.
Jika ini kurang atau tidak Anda lakukan, maka perkembangan juga tidak akan maksimal. Karena asupan nutrisi yang tepat akan meningkatkan proses pemulihan otot Anda.
Ya, setelah latihan, nyeri atau yang biasa disebut dengan delayed onset muscle soreness (DOMS) wajar terjadi. Biasanya DOMS terjadi pada 24-72 jam pasca latihan.
Seperti yang disebut sebelumnya, pemulihan otot akan lebih cepat jika dibarengi dengan asupan nutrisi yang pas, istirahat yang cukup, dan suplementasi.
Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa bantu percepat proses pemulihan otot Anda.

1. Pemulihan Otot Lebih Cepat dengan Blueberry

Pemulihan Otot
Setelah latihan, Anda biasanya akan langsung mengonsumsi protein shake yang telah Anda siapkan sebelumnya.
Selain dari protein shake, Anda juga bisa menambahkan makanan yang bertujuan untuk membantu percepat pemulihan otot. Seperti buah blueberry.
Buah ini kaya akan anti-oksidan, dan tentunya BISA mencegah radikal bebas pada otot Anda setelah latihan.
Dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menyebutkan bahwa proses recovery otot Anda akan berjalan lebih cepat dengan menambahkan blueberry pada sebelum dan segera setelah latihan.

2. Pemulihan Otot Lebih Cepat dengan Makanan Tinggi Kalium

Pemulihan Otot
Kram pada otot memang tidak selalu terjadi. Tapi jika Anda mengalaminya, hal ini bisa disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah bisa disebabkan karena tubuh KEKURANGAN mikronutrisi seperti Kalium.
Kalium cepat hilang dari tubuh Anda melalui keringat berlebih dan dehidrasi. Karena salah satu fungsi kalium adalah untuk mencegah kram otot, maka sebaiknya kebutuhan tubuh Anda akan kalium tercukupi.
Makanan sumber kalium biasanya ada pada makanan yang tinggi protein seperti daging serta sayuran hijau. Makanan yang kaya kalium termasuk kentang, tomat, buah-buahan segar seperti pisang, jeruk dan stroberi, alpukat, bayam, buncis dan kacang polong, dan buah-buahan kering.

3. Dukung Pemulihan Otot Anda dengan Ikan Salmon

Pemulihan Otot
Ikan salmon kaya akan minyak ikan atau yang lebih dikenal dengan asam lemak Omega 3.
Omega 3 ini merupakan eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), yang mana keduanya berperan dalam proses anti-inflamasi.
Pada proses ini, EPA dan DHA menghasilkan anti-inflamasi eicosanoids, molekul yang dibuat dari oksidasi asam lemak. Ini berperan besar dalam peradangan (inflamasi) dan mengurangi produksi sitokin inflamasi yang dapat dengan mudah dihentikan oleh asam lemak.

4. Karbohidrat Juga Penting untuk Pemulihan Otot Anda

Pemulihan Otot
Setelah latihan, glikogen Anda juga akan terkuras karena dijadikan energi. Hal ini bisa menyebabkan Anda merasa lapar setelah latihan.
Karena itu, karbohidrat cepat serap (karbohidrat sederhana) sangat penting untuk Anda konsumsi setelah latihan untuk MENGISI ULANG energi tubuh Anda.
Konsumsi karbohidrat seperti dari nasi putih atau buah akan mendorong lonjakan insulin dan mengisi kembali glikogen Anda.
Waktu yang direkomendasikan untuk mengonsumsi karbohidrat ini adalah 10-15 menit setelah latihan.

5. Jangan Lupakan Air Minum untuk Pemulihan Otot Anda

Pemulihan Otot
Ada banyak alasan kenapa air minum sangat penting.
Jika tubuh Anda tidak terhidrasi (kebutuhan air mencukupi) dan Anda memaksa untuk berlatih dengan keras, maka akan muncul beberapa masalah saat latihan.
Seperti kram, cepat lelah, bahkan hingga merasa pusing. Juga, kekurangan air dapat memperlamba proses pemulihan otot Anda.
Dan yang direkomendasikan adalah minum 7-10 ons air setiap 10-20 menit (pada saat latihan). Kebutuhan ini akan bertambah jika latihan yang Anda lakukan juga semakin intens.

6. Protein Tetap yang Utama untuk Pemulihan Otot

Pemulihan Otot
Kecukupan mikronutrisi memang diperlukan untuk tingkatkan proses recovery tubuh Anda.
Meskipun disebut paling belakang, namun kebutuhan protein tetap yang utama. Protein, baik dalam bentuk shake maupun real food sangat penting untuk Anda konsumsi, terutama setelah latihan.
Protein adalah makanan utama bagi otot dan sangat penting untuk pemulihan otot pasca dihajar dengan latihan keras. Jika asupan protein kurang, maka perkembangan dan pemulihan otot Anda akan lebih lama.
Tak hanya itu, kecukupan protein juga bantu tubuh menyimpan energi agar latihan berikutnya tetap maksimal.

sumber : https://duniafitnes.com/nutrition/makanan-terbaik-untuk-percepat-pemulihan-otot-anda.html

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar